0823-1409-3565 admin@rentalbusjogja.id
Pabrik Gula Gondang Winangoen

Rekreasi Edukasi ke Pabrik Gula Gondang Winangoen

Perlu Anda ketahui sejak zaman dahulu daerah Jawa Tengah terkenal akan pabrik gula yang sangat populer dan disukai oleh masyarakat Indonesia dan dapat dikunjungi dengan sewa bus Klaten. Hal ini dikarenakan gula yang diproduksi oleh masyarakat di Jawa Tengah sangat baik dan berkualitas. Bahkan Para penjajah dulu sangat menyukai gula yang diproduksi di provinsi ini. Salah satu pabrik gula yang masih ada dan dirawat dengan baik sampai saat ini adalah pabrik gula yang terletak di kabupaten Klaten yaitu Pabrik Gula Gondang Winangoen.

Dengan nama Gondang Winangoen, Anda dapat berwisata dan juga mempelajari berbagai sejarah mengenai pabrik gula. Apa saja informasi yangbisa anda dapatkan ? Ini dia :

  • Sejarah dan lokasi

Pabrik Gondang Winangoen merupakan salah satu pabrik gula yang ada di Kabupaten Klaten yang sudah berdiri sejak abad ke-19. Pabrik ini memiliki bangunan yang sangat tua dan masih ada sampai sekarang. Bahkan pemerintah mengelolanya menjadi museum khusus untuk wisata edukasi para siswa sekolah atau wisatawan yang sedang ingin study tour ke sini. tempat wisata ini juga dibuka untuk umum, sehingga anda yang senang wisata bersejarah dapat mengunjungi tempat ini.

Semula pada tahun 1871 luas dari lahan perkebunan sekitar 207,2 hektar. Tetapi dengan meningkatnya permintaan gula bertamabah maka pada tahun 1919 perkebunannya diperluas hingga menjadi 852,2 hektar. Pabrik gula Gondang Winangoen ini mencapai masa kemajuan pada tahun 1889 hingga tahun 1925. Pada tahun 1930 mengalami kemacetan dalam produksinya sehingga untuk sementara berhenti dalam memproduksi gula.

Sampai saat ini Pabrik Gula ini masih bisa beroperasi dengan baik, hanya saja jumlah dari produksi sangat dikurangi. Mengingat mesin-mesin dan juga bangunan yang ada sudah sangat tua. Selain itu para teknisi dan juga ahli yang dapat melakukan pengolahan gula sudah semakin sedikit beberapa keturunan daripada teknisi tidak ingin meneruskan usaha produksi gula ini.

Uniknya jika anda berkunjung ke pabrik ini anda tidak hanya berwisata edukasi. Dengan mengenali berbagai cara membuat gula dan juga memproduksi gula, namun pabrik gula winangoen ini menyediakan wisata lain yang dapat dinikmati oleh anak-anak berusia yaitu Wisata yang ditawarkan meliputi water park, water slide, flying fox, spyder web, kids zone, jembatan gantung, adventure area, agro therapy, marine brige, wall climbing.

Lokasi Pabrik Gula Winangoen

Untuk Anda yang tertarik datang ke tempat ini atau mempelajari bagaimana bila diproduksi Anda bisa datang langsung ke pabrik gula Gondang winangoen dengan sewa hiace Klaten. Pabrik Gula ini memiliki beberapa cabang ada yang di Kabupaten Klaten atau ada juga yang di provinsi Jawa Tengah untuk kebunnya sendiriPG gondang Baru Klaten memiliki areal tanaman tebu di daerah Kabupaten Klaten, Boyolali, Grobogan, dan Wonosari

  • Tiket dan keunikan lainnya

Selain anda mendapatkan wisata edukasi yang sangat berharga untuk masuk ke pabrik gula ini. Anda hanya dikenakan biaya Rp5.000 per orang setiap satu kali kunjungan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Harga tiket yang sama saat anda masuk ke dalam pabrik gula Gondang winangoen ini. Anda tidak hanya menemukan berbagai mesin uap atau mesin pengolahan gula yang sangat besar, namun anda dapat menemukan sebuah lokomotif tua yang bernama SIMBAH. Lokomotif ini seringkali menjadi background foto atau tempat yang sangat disukai oleh anak-anak karena dapat melihat kereta. Pada zaman dahulu kereta ini dulunya digunakan untuk mengangkut tebu dari Semarang ke Surabaya melewati Kabupaten Klaten. Namun sekarang ini kereta lokomotif hanyalah sebagai hiasan dan juga peninggalan sejarah, Bagaimana pabrik gula tersebut berjalan.

Jika Anda berjalan ke belakang pabrik, maka anda akan menemukan beberapa rumah dinas dengan bentuk bangunan sangat tua seperti bangunan belanda. Disana masih ada beberapa karyawan pabrik gula yang di rumah tersebut dan menjaga atau merawat rumah tersebut. Sehingga pemerintah tidak perlu khawatir untuk meninggalkan pabrik gula dan juga rumah dinasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!