0823-7351-3660 admin@rentalbusjogja.id
Wisatatamansari

Daftar Wisata Sejarah Terfavorit di kota Jogja

Jogja adalah kota yang sarat akan destinasi wisata menarik, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah. Dan bicara mengenai wisata sejarah, Jogja adalah gudangnya. Nah, berikut kami telah rangkum daftar wisata sejarah di Jogja yang bisa dijadikan referensi liburan anda. Dijamin anda tidak akan menyesal jika mengunjungi tempat-tempat yang kami rekomendasikan di bawah ini.

5 Tempat Wisata Sejarah Di Jogja Paling Recommended

1. Masjid Gedhe Kauman

Salah satu wisata sejarah di Jogja yang bisa anda kunjungi adalah Masjid Gedhe Kauman. Masjid ini merupakan simbol kejayaan Islam Mataram dan sekaligus merupakan masjid tertua yang ada di Indonesia. Dibangun tanggal 29 Mei 1773, masjid Gedhe Kauman ini terletak di sebelah barat alun-alun Jogja tepatnya di Kampung Kauman Yogyakarta.

Bagi anda yang penasaran ingin mengunjungi masjid ini, anda bisa berkendara menggunakan motor ataupun mobil. Setelah melewati Malioboro belok ke kanan, tepatnya ke Jalan K.H Dahlan, lalu setelah anda melewati RSU PKU Muhammadiyah akan terlihat sebuah gapura Kauman.

2. Museum Monumen Jogja Kembali

Salah satu museum bukti sejarah perjuangan kemerdekaan negara Indonesia adalah Museum Monumen Jogja Kembali. Tahukah anda kenapa nama museum ini diberi nama Jogja kembali? Yup, karena hal tersebut merupakan simbol kembalinya pemerintahan RI Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1949 dari tangan pemerintahan Belanda.

Museum ini biasanya paling sering dikunjungi oleh banyak pelajar khususnya dalam rangka study tour pelajaran sejarah. Selain bisa melihat berbagai koleksi peninggalan sejarah, anda juga bisa memperoleh wawasan yang lebih banyak lagi, serta pengetahuan terkait sejarah Kota Jogja.

Menyinggung soal benda koleksi yang ada di Museum Monumen Jogja Kembali, semua koleksinya dipamerkan dalam bentuk realia, foto, replika, dokumen, evokatif, heraldika, maupun diorama. Hal ini tentu saja agar para pengunjung tidak merasa jenuh atau bosan saat sedang membaca dari satu sejarah ke sejarah yang lainnya.

Jangan khawatir untuk merasa tidak nyaman, karena ruangan museum ini cukup luas. So, tunggu apa lagi rasakan atmosfer sejarah Jogja dengan mengunjungi museum ini.

3. Museum Affandi

Bagi anda yang sangat menyukai dunia melukis, rasanya tidak mungkin jika tidak mengenal karya-karya lukisan dari Affandi Koesoema. Nah, jika anda adalah penggemar berat beliau dan ingin melihat berbagai mahakaryanya yang menakjubkan, maka mengunjungi Museum Affandi adalah hal yang tidak boleh anda lewatkan.

Seperti yang kita tahu bahwa karya Affandi sangat disukai dan diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Ciri khas serta keunikan yang diusung oleh Affandi, menjadikan karya-karya indahnya cepat laku terjual di pasaran.

Dengan kemahirannya dalam melukis di kanvas dan memberikan nilai estetika pada setiap karya yang dibuatnya, Affandi begitu rajin dalam memasarkan hasil karyanya sendiri, sehingga dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama dia sudah mampu mengumpulkan uang untuk membangun museum ini.

Dengan demikian bukan hanya anda dapat menikmati hasil karya-karya Affandi yang menakjubkan, tapi anda juga dapat belajar bahwa kerja keras pada dasarnya tidak akan pernah mengkhianati hasil. Jika kerja keras kita ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi yang kita harapkan, maka berarti Tuhan menginginkan kita berusaha lebih keras lagi.

Hikmah itulah yang bisa kita petik dari latar belakang berdirinya Museum Affandi ini.

Berbicara mengenai hasil karyanya, kurang lebih 300 mahakarya Affandi bisa anda nikmati di museum ini. Tidak hanya karya Affandi saja, ada juga karya seniman lain, yang juga tak kalah kerennya.

Oh, ya, di Museum Affandi terdapat 2 lantai serta 4 galeri di dalamnya meliputi loker tiket, art shop, cafe, studio dan rumah keluarga Affandi.

4. Benteng Vredeburg

Salah satu benteng peninggalan masa penjajahan Belanda adalah Benteng Vredeburg. Di dalam benteng inilah anda bisa menemukan berbagai benda dan diorama sejarah masa penjajahan Belanda dulu.

Biasanya tak hanya pelajar yang berkunjung ke benteng ini, tetapi juga masyarakat pada umumnya. Bagi anda yang ingin mengabadikan momen dengan latar belakang foto yang klasik juga unik, maka anda bisa melakukan jepret-jepret juga di museum ini.

Berada di kawasan Keraton Yogjakarta, Benteng Vredeburg terletak di Jalan Ahmad Yani, No 6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

5. Taman Sari Jogja

Wisata sejarah di Jogja selanjutnya adalah Taman Sari Jogja. Wisata air Taman Sari adalah salah satu istana air yang terletak di daerah Kraton Ngayogyakarta. Untuk sampai ke tempat ini kurang lebih membutuhkan waktu 15 menit dari alun-alun utara Keraton.

Sst … tahukah anda, dulunya tempat ini ternyata digunakan sebagai benteng pertahanan juga tempat rekreasi kerajaan, loh. Benteng pertahanannya sendiri dibuat oleh Sultan Hamengku Buwono 1 tahun 1758-1765.

Namun sayang, seiring berjalannya waktu wilayah istana air sudah dijadikan tempat tinggal oleh banyak penduduk setempat. Kendati demikian masih tersisa pemandian Umbuk Binangun yang sekarang ini begitu diminati oleh para pengunjung karena pesonanya.

Nah, itu dia daftar wisata sejarah di jogja terbaik yang kami rekomendasikan untuk anda. Selamat berlibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!